Contoh Usaha Kreatif Anak Bandung

Jika kita menilik pada image kota Bandung sebagai paris van java, tidak bisa dipungkiri memang kota Bandung seolah menjadi kiblat mode di Indonesia, dan pastinya kita bisa men-Contoh Usaha Kreatif mereka. Kota Bandung yang menyimpan banyak sejarah juga menyimpan banyak kebudayaan ini seolah menjadi pilihan utama para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Kenapa harus bandung??? Yah tau sendiri lah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan kota lain.

Mulai dari orangnya yang ramah-ramah, perempuannya juga terkenal cantik-cantik dan juga banyak terdapat tempat wisata dan tentunya kota ini identik dengan kota belanja. Gak puas rasaya jika berkunjung ke kota Bandung tidak membawa buah tangan baik makanan maupun pakaian. Fashion di kota bandung tak dapat dipungkiri telah menjadi pilihan bagi kebanyakan pecinta belanja, khususnya anak muda maupun orang dewasa.

Jika kita yang tinggal di daerah, biasanya kita temui produk-produk kaos dari Bandung yang dijual di distro maupun FO. Unik memang jika dilihat keistimewaan kota Bandung ini. Salah satu contoh adalah kaos yang bertemakan gambar dan tulian seputar Bandung atau dikenal “Kaos Bandung” menjadi salah satu ikon oleh-oleh bagi wisatawan berkunjung ke Kota Kembang ini.

Kaos khas Bandung ini tak dijual di toko, tapi dijual oleh pedagang di depan-depan FO atau di depan pusat perbelanjaan, harganya pun murah dan kini sudah menjadi ikon oleh-oleh wisatawan yang datang ke Bandung,” kata Wawan (40 th) pedagang Kaos Bandung di Jalan Juanda Kota Bandung. Memanfaatkan Kota Bandung sebagai kota mode dan pusat kuliner, beberapa penjual kaos Bandung lebih memilih berjualan di depan FO baik itu di Jalan Dago, Cihampelas, jalan Martadinata, Alun-alun Bandung serta tempat-tempat ramai lainnya.

Contohnya adalah Wawan, ayah satu anak ini memilih di kawasan Dago karena lebih ramai pembelinya. “Dulu saya berjualan di Gasibu tapi di sana kurang ramai, jadinya pindah ke sini karena lebih ramai dan juga saya mengambil tempat di dekat FO,” tuturnya. Wawan bisa menjual hingga 20 potong kaos Bandung dalam sehari dan pada hari libur bisa menjual hingga 100 potong kaos. Sudah setahun membuka usaha di depan FO dan untung yang dia dapatkan pas untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

Contoh pelaku ide usaha kreatif yang lain adalah Titang, salah seorang penjual kaos Bandung lainnya juga mengambil kesempatan yang sama. Sehari bisa menjual sampai 75 potong kaos dan pada saat liburan bisa menjual hingga 300 potong kaos. Seperti kaos yang terdapat di kota lain “Kaos yang diburu wisatawan adalah tulisan I Love Bandung dan tulisan yang lucu,” tuturnya. Titang mengatakan untung yang didapat dari satu lusin kaos mencapai Rp.100 ribu. Jika pembeli tak terlalu banyak menawar bisa mendapatkan untung lebih dari R.p100 ribu.

Untuk kita yang tinggal di daerah atau Kota lain juga bisa meniru contoh ide peluang usaha kreatif yang sama dengan memanfaatkan momen ramai seperti di kota Bandung.

Author: lapaksiapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *