Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa – Motivasi Usaha

Kuliah Sambil Bisnis Sampingan, Kenapa Tidak? Banyak orang yang sukses memulai usaha mereka sejak masih masih kuliah. Semangat dan tekad yang kuat menjadi modal utama dan juga mampu membagi waktu dengan baik. Tanri Abeng adalah salah satu contohnya. Ketika masih kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar, Tanri menjual stensilan materi perkuliahan kepada teman-temannya. Ia juga aktif mengajar privat juga membuat pembukuan bagi beberapa perusahaan.

Saat lulus kuliah, Beliau punya kesempatan melanjutkan studinya di bidang Bisnis dan Administrasi ke Amerika. Pada waktu itu, masih sedikit orang yang bergelar Master of Business and Administration (MBA). Tantri tak hanya sukses dalam study tapi juga dalam karir. Saat usianya masih 29 tahun, dia menempati posisi sebagai direktur keuangan perusahaan multi nasional. Posisi yang pada saat itu, baru dapat diraih seseorang yang telah lama di dunia keuangan slama 30 tahun. Padahal, saat itu Tanri baru 3 tahun menggeluti dunia keuangan.

Dari prestasinya mengelola keuangan dari banyak perusahaan dalam maupun luar negeri, Tanri mendapat gelar Manajer Satu Milyar Pada tahun 1999, Ia bahkan diberi kepercayaan untuk menjadi Menteri Negara BUMN. Dan saat ini Tanri masih aktif sebagai konsultan dan direksi berbagai perusahaan dan juga mengajar di berbagai kesempatan. Menurut Tantri, motivasi yang kuat memberi dorongan besar untuk melakukan segala yang telah dia capai.

Sama dengan Tanri, konglomerat pemilik perusahaan media dan perbankkan besar di Indonesia, Chairul Tanjung, juga memulai masa suksesnya sejak dia masih tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UI. Pergaulannya yang luas karena berbagai aktivitas kemahasiswaan yang Ia ikuti memberinya jalan pada usaha pertamanya, menjual mkalah kuliah. Dia bisa menjual makalah kuliah dengan harga lebih murah karena pertemanannya dngan pemilik percetakan.

Ekspansi usaha yang dilakukan pria yang sering dipanggil CT ini dengan membuka toko obat. CT juga pernah menggeluti sebagai penjual mobil bekas. Menurut CT, ada 4 langkah yang mampu mengantarkan seseorang menuju kesuksesan, yaitu niat yang baik, kerja keras, bekerja dengan cerdas, dan pasrah terhadap hasil.

Menjalani berbagai jenis bisnis sampingan juga dilakoni oleh Elang Gumilang. Juni lalu, Ia baru saja mendapat gelar sarjananya. Tapi, bisnis properti yang ia rintis sejak 2006 lalu telah berhasil membangun 4 perumahan. Bahkan, Elang kini tengah menyiapkan 4 proyek perumahan dan satu proyek pengembangan pasar.

Pria kelahiran 26 tahun silam ini punya rcita-cita menjadi mahasiswa pengusaha. Cita-cita ini Ia rintis sejak masih duduk di bangku SMU yaitu berjualan donat. Saat masuk universitas, Ia pun mencoba bermacam usaha seperti berjualan sepatu, minyak goreng, barang elektronik, bahkan juga menjual ikan.

Elang menjadi salah satu bukti bahwa usia muda dan keadaan sosial ekonomi bukanlah sebuah penghalang untuk menuai kesuksesan. Ia berprinsip, bahwa untuk menjadi pengusaha sukses memang harus dimulai sejak dini mungkin.

Bagaimana tertarik menekuni Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa seperti pengusaha sukses diatas?

Author: lapaksiapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *